Akankah Evan Dimas ke Liga Jepang?

Satu lagi talenta asal Indonesia menarik minat klub asal J.League 2 Jepang, Jubilo Iwata. Kali ini, pemain yang digadang-gadang bakal menjadi masa depan tim nasional Indonesia, Evan Dimas.

Eks kapten timnas Indonesia U-19 itu pun sudah dipantau oleh Jubilo sejak beberapa bulan yang lalu. Sebelumnya, Jubilo pun pernah menyatakan berminat merekrut pemain dari Indonesia U-23 dan Arema Cronus.

Evan yang saat ini masuk daftar skuat bayangan Indonesia untuk Piala AFF 2014 pun tak akan langsung mendapat sodoran kontrak dari klub berjuluk Jubilol itu. Ia harus menjalani tes untuk bisa menjadi bagian klub penghuni Yamaha Stadium.

“Seperti pemain lain, Evan tidak otomatis direkrut. Ia harus menjalani sejumlah rangkaian tes terlebih dahulu,” tutur Kei Koyama, selaku pihak promosi J.League. “Kami pun masih membuka kesempatan trial buat pemain-pemain lainnya,” tandas Kei.

Status dari pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah tersebut adalah milik klub Indonesia Super League, Persebaya Surabaya. Namun pihak Jubilo sudah berkomunikasi dengan Persebaya perihal ketertarikan kepada Evan.

Trial untuk Evan sendiri akan digelar pada pertengahan November. Di mana pada bulan tersebut, memang federasi sepakbola Jepang, JFA, menyediakan wadah untuk pemain yang tidak memiliki klub untuk trial.