7 November Debut Perdana Raphael Varane di Lapangan Hijau

Melesatnya nama bek muda Real Madrid Rapahel Varane tak bisa dilepaskan dari perjalanan awal kariernya di Lens. Ya, tepat empat tahun lalu, pada 7 November 2010, ia menjalani debut seniornya di level klub ketika tampil melawan Montpellier dalam partai lanjutan Ligue 1 Prancis musim 2010/11.

Varane yang saat itu masih berusia 17 tahun dan memperkuat tim junior Lens, tiba-tiba mendapat pemanggilan dari pelatih Jean-Guy Wallemee untuk masuk ke tim utama setelah bek sentral Alaeddine Yahia mengalami cedera.

Yang mengejutkan, Varane langsung diturunkan sebagai starter dan tampil penuh di laga kontra Montpellier tersebut. Varane membayar kepercayaan pelatihnya dengan tampil bak batu karang di lini belakang. Gawang Lens tak kebobolan sepanjang 90 menit dan timnya menang 2-0.

Dari situ, pujian mulai mengalir. Pelatih Wallemme, kapten tim Adil Hermach, bek Eric Chelle, striker David Pollet semuanya sepakat bahwa Varane tampil luar biasa dalam debutnya itu dan punya prospek sebagai pemain besar di masa mendatang.

Sayang, Varane gagal mengantar Lens untuk selamat dari jurang degradasi di musim itu. Namun hal tersebut tidak membuat bakat besarnya tidak tercium oleh klub-klub top Eropa. Pada akhirnya, Real Madrid datang menghampirinya untuk memboyongnya ke Spanyol dengan dana transfer yang dilaporkan mencapai €10 juta.

Oleh publik Santiago Bernabeu, ia langsung dijuluki sebagai Don Limpio alias Mr Clean karena kerap melakukan tekel dan intersep bersih tanpa sering membuat pelanggaran. Statistik memang membuktikan. Di musim perdananya di Madrid, Varane hanya mencatatkan 14 kali pelanggaran dari 15 penampilannya di semua ajang dan tak mengantongi satu kartu kuning pun.

Karier Varane semakin melesat dengan terus mendapat kepercayaan dari Jose Mourinho dan kini Carlo Ancelotti. Sementara di level timnas, Varane bahkan tampil menjadi pemain inti Prancis di Piala Dunia 2014. Dan pada September lalu, ia sudah menandatangani kontrak jangka panjang dengan Madrid yang akan mengikatnya hingga 2020.