28 November, Sejarah Kiper Perdana yang Melakukan Hat-Trick Gol Jose Luis Chilavert

Hari ini tepat 15 tahun yang lalu, sebuah pertandingan di kasta tertinggi Argentina menciptakan rekor. Saat itu, Velez Sarsfield sukses menaklukkan Ferro Carril Oeste dengan skor telak 6-1, namun bukan hasil akhirnya yang mencuri perhatian, tetapi siapa yang mencetak gol.

Ya, kiper asal Paraguay, Jose Luis Chilavert dengan impresif mencetak tiga gol pada pertandingan tersebut, di mana semua gol diciptakan melalui tendangan penalti. Hal itu menjadikannya sebagai kiper pertama dalam sejarah yang berhasil mencetak hat-trick dalam laga kompetitif.

Chilavert bergabung dengan Velez pada 1991 dan membantu klubnya menjalani periode emas dalam sejarah klub, dengan memenangkan empat gelar domestik dan lima trofi internasional pada 1993 hingga 1998.

Berkat kontribusinya, ia juga mendapatkan banyak penghargaan pribadi, termasuk pemain terbaik di Argentina (1996) dan pemain terbaik Amerika Selatan (1996). Dia juga tercatat sebagai kiper terbaik dunia versi IFFHS sebanyak tiga kali (1995, 1997 dan 1998).

Chilavert terus mengasah kemampuan dalam mengeksekusi tendangan penalti dan juga tendangan bebas, hingga ia mencetak total 62 gol untuk klub dan juga timnas di sepanjang karirnya.