Peter Lim – Pemilik Baru Valencia dari Singapura

Miliarder asal Singapura, Peter Lim akhirnya menyelesaikan pembelian klub sepakbola Valencia setelah proses negosiasi yang sangat panjang, termasuk sempat dikabarkan batal. Kesepakatan telah ditandatangani Jumat (24/10) larut malam waktu setempat. Proses akhir tersebut mengakhiri negosiasi panjang selama 10 bulan, yang kini memastikan Lim membeli 70 persen saham klub dengan harga 94 juta euro, menurut laporan Xinhua.

Hasil dari perundingan bisnis itu termasuk kesepakatan dengan sebuah bank Spanyol. Bankia, nama bank tersebut, setuju untuk menutup hutang klub sebesar 230 juta euro, sementara Fundacion VFC serta para pemegang saham mayoritas Valencia juga dikabarkan setuju dengan penjualan ini.

peter-lim-bos-valencia

Dengan kedatangan pemilik baru, ini berarti akhir dari problem keuangan untuk Valencia, yang sampai menjual sejumlah pemain kunci seperti David Villa, David Silva, Jeremy Mathieu, dan Jordi Alba untuk mengatasinya.

Hal itu juga harus berarti bahwa Valencia bakal bisa membangun stadion masa depan mereka. Pekerjaan konstruksi di Stadion Mestalla dihentikan tiga tahun lalu akibat masalah keuangan klub.

Presiden klub Amadeo Salvo mengaku sangat senang dengan pengambilalihan Lim. “Kita menulis babak baru di Valencia. Bersama Mr Lim, kita akan menjadi lebih kuat. Untuk menjadi sukses, kita harus bekerja keras dan bersatu sebagai sebuah keluarga. Peter Lim sekarang adalah anggota yang sangat penting dari keluarga dan kami ucapkan, Selamat datang, Peter Lim!” Kata Salvo seperti dikutip The Strait Times.