Juventus Jauhi Roma Setelah Menang atas Palermo

Arturo Vidal dan Fernando Llorente tampil menjadi pahlawan Juventus, berkat masing-masing golnya di babak pertama dan kedua. Raihan ini menjadi comeback manis I Bianconeri, pasca ditekuk Olympiakos dikualifikasi Liga Champions beberapa waktu yang lalu.

Gianluigi Buffon dkk pun semakin kokoh di puncak klasemen sementara Serie A dengan 22 poin dan menjaga jarak dengan AS Roma, yang bermain tanpa gol melawan Sampdoria Minggu dini hari kemarin (26/10/2014).

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Kick off! Berlaga dengan sederet pemain bintangnya, Juventus terlihat dengan leluasa langsung mengambil alih irama permainan. Andrea Pirlo tetap menjadi motor serangan Si Nyonya Tua, dengan menyuplai umpan-umpan matang kepada duet Carlos Tevez dan Fernando Llorente di lini depan.

Padatnya jadwal Juve membuat sang pelatih, Massimiliano Allegri mencoba merotasi tim. beberapa pemain yang biasa menjadi langganan di tim utama, seperti Stephan Lichtsteiner dan Paul Pogba tidak dimainkan. Roberto Pereyra pun dipercaya Allegri untuk mengisi pos bek sayap kanan.

Berambisi mengemas poin sempurna di hadapan pendukung sendiri, Juve begitu gencar melakukan tekanan ke area kotak penalti lawan. Namun rapatnya pertahaan Palermo, masih menjadi kendala bagi pasukan I Bianconeri. Tampaknya tim tamu menerapkan strategi parkir bus.

Kans pertama Juve! Umpan indah Pirlo berhasil ditanduk Llorente di menit 17. Namun sayang berkat kesigapan penjaga gawang Palermo, Stefano Sorrentino, bola tersebut masih bisa diamankan dengan sangat baik.

Tim tamu bukan tanpa peluang, meski cenderung bermain bertahan Palermo juga sempat memiliki peluang di menit 28. Berkat kerjasama apik Franco Vazquez dengan Paulo Dybala membuat Juventus Stadium berdebar. Beruntung sepakan keras Vazgquez masih bisa diblok oleh salah seorang bek Juve.

Arturo Vidal! Momen yang ditunggu-tunggu pendukung Juve akkhirnya tercipta di menit ke-32. Berawal dari umpat terobosan Tevez, dengan dingin lantas diselesaikan Vidal melalui sepakan mendatarnya.

Hingga turun minum tidak ada perubahan di papan skor. Sementara Juve Unggul 1-0 dari Palermo. Sang allenatore, Allegri, diprediksi bakal meminta anak-anak asuhannya untuk meningkatkan intensitas serangan. Mengingat skor tersebut belum aman untuk mengakhiri laga dengan kemenangan.

Babak Kedua

Tak banyak perubahan yang terjadi sejak paruh kedua bergulir. Kedua tim tampaknya masih tetap menerapkan strategi yang serupa di babak pertama. Namun jelas, Juve semakin menaikan intesitas serangan guna memperlebar jarak keunggulan.

Memasuki menit 50 irama permainan tetap dikuasai tuan rumah, dengan sesekali mencoba merangsek masuk ke area pertahanan lawan melalui kedua sisi sayap penyerangan. Sementara Palermo hanya menunggu di bidang permainan sendiri, dan memanfaatkan serangan balik cepat.

Llorente! Berhasil menambah pundi-pundi gol Juve dimenit 64. Berawal dari tendangan sudut Pirlo, striker asal Spanyol itu sukses menanduknya dan sekaligus menghujam gawang Palermo untuk kedua kalinya. 2-0 untuk keunggulan Juventus!

Setelah unggul dua gol, para pemain Juve terlihat begitu nyaman memainkan si kulit bundar di area pertahanannya sendiri. Meski demikian beberapa kali mereka mencoba membangun serangan dengan rapih.

Teringgal dua gol, Palermo tampak frustasi tak bisa menembus pertahanan tuan rumah. Terlihat mereka cenderung menampilkan permainan keras, hingga akhirnya beberapa pemainnya diganjar kartu kuniing dari sang pengadil lapangan.

Jelang sepuluh menit waktu normal berakhir, Juve tak sedikit pun menurunkan intensitas serangan. Berusaha menyegarkan kondisi skuad, Allegri menarik Pirlo dan Tevez dengan memasukan Pogba dan Sebastian Giovinco.

Tak lama setelah mencicipi rumput di lapangan, Giovinco langsung menebar ancaman ke jantung pertahanan lawan. Kali ini ia mencoba peruntunganya, namun sayang sepakan kerasnya di menit 88 masih diselamatkan tiang gawang.

Hingga waktu tambahan empat menit yang diberikan wasit berakhir, skor tetap tak berubah. Kemenangan 2-0 untuk tuan rumah, Juventus. Tim pun kembali ke jalur kemenangan, setelah mereka ditaklukan Olympiakos 0-1 di Liga Champions beberapa waktu yang lalu.

Susunan Pemain

Juventus: Gianluigi Buffon; Ogbonna, Bonucci, Giorgio Chiellini; Pereyra, Arturo Vidal, Marchisio, Andrea Pirlo (Paul Pogba 64’), Asamoah; Carlos Tevez (Sebastian Giovinco 79’), Fernando Llorente

Palermo: Sorrentino; Andelkovic, Munoz, Gonzales; Pisano, Barreto, Bolzoni, Feddal, Luca Rigoni (Ezco Maresca 73’); Dybala, Vazquez